Close

20/01/2020

3 Tren Teknologi E-Procurement dan Keuntungannya Bagi Bisnis Anda

Pengadaan barang maupun jasa merupakan salah satu hal yang menentukan jalannya suatu operasi bisnis perusahaan. Guna mempermudah urusan tersebut penggunaan teknologi seperti e-procurement  pun amat diperlukan agar proses pengadaan dapat berjalan adil dan transparan.

E-procurement  adalah suatu platform yang mengakomodir aktivitas pembelian barang dan jasa melalui internet agar mendapat barang dan jasa dengan nilai terbaik dan guna mewujudkan keadilan dan transparansi dalam berbisnis seperti yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) No. 54 Thn. 2010 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Tren E-Procurement

Urusan pengadaan barang dan jasa kini menjadi lebih transparan sejak penggunaan e-procurement  diwajibkan oleh pemerintah. Tapi, tahukah Anda tren teknologi e-procurement  seperti apa yang kini tengah berkembang dan banyak digunakan oleh para pelaku bisnis?

Ragam tren teknologi e-procurement  yakni seperti berikut:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

• Cloud

Pasti cukup merepotkan bila data yang kita miliki masih tersimpan secara terpisah dan sulit diakses dimanapun kita berada, bukan? Untuk mengatasi hal semacam itu, kini cloud computing  hadir sebagai salah satu teknologi yang harus diterapkan pada setap aplikasi e-procurement. Adanya cloud  ini berguna untuk memperhalus proses integrasi dengan paket aplikasi yang telah ada seperti accounting, customer services, productions, dsb. Dimana selain mampu membuat Anda mudah dalam mengakses data dimanapun, aplikasi e-procurement  yang dilengkapi dengan cloud  ini pun mampu mengotomasi proses, menyambungkan keseluruhan organisasi sebagai bagian dari supply chain, dan mengizinkan tim untuk mengumpulkan dan menganalisa performa data procurement untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

• Big Data Analytics

Tren berikutnya ini kerap digunakan oleh banyak perusahaan dalam urusan menganalisa minat dan ketertarikan seseorang terhadap sebuah produk. Big data analytics, bagi sebagian orang dianggap mampu memenuhi keinginan mereka untuk memperoleh data yang mendalam dan akurat dari kumpulan data yang telah terhimpun. Lalu, apa yang diharapkan oleh pemilik perusahaan dari kecanggihan big data analytics  ini? Output  yang diharapkan oleh para pemilik perusahaan yakni para pemilik perusahaan mampu mengambil keputusan terkait kebijakan produk yang semisal harus ditambah bahan baku atau aspek lainnya dimana dari pengolahan data yang dilakukan oleh big data analytics  ini data yang tidak sekadar akurat, namun juga harus lengkap, dan tentunya pun harus real-time  dapat makin mudah didapatkan demi mendukung jalannya aktivitas bisnis perusahaan.

• Blockchain

Faktor kecepatan dan keamanan selalu menjadi dua hal yang harus dimiliki oleh sebuah teknologi demi mempermudah dan menjaga kelangsungan bisnis yang tengah dijalankan oleh perusahaan. Umumnya orang tertarik dengan blockchain  karena dua faktor tersebut karena dianggap mampu mendukung kestabilan bisnis yang mampu membuat suatu proses procurement  menjadi lebih mudah. Blockchain  memperkenalkan tingkat kecepatan dan keamanan baru ke serangkaian proses mulai dari procurementto-pay (P2P)  hingga manajemen kontrak, audit keuangan, dan inventory. Yang mana dengan teknologi blockchain ini mampu mengotomasi proses yang dapat mengakomodir versatility  dan keamanan proses procurement  yang diikuti oleh perusahaan.

Keuntungan E-Procurement

E-procurement  yang kini telah menjadi suatu aplikasi yang diharuskan oleh pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa ini selain telah mengkombinasikan teknologi-teknologi macam big data analytics, cloud, blockchain, dsb, untuk membuat proses procurement  tersebut jadi lebih transparan, ada pula keuntungan-keuntungan lain yang dimiliki oleh e-procurement  yang harus Anda ketahui. Apa saja itu?

Lebih lanjut tentang keuntungan dari e-procurement, berikut ini ragam keuntungan yang harus Anda ketahui:

• Menekan Biaya

Apakah di era digital seperti sekarang ini masih kerap mengandalkan penggunaan kertas dan pulpen dalam aktivitas bisnis Anda? Semua itu kini sudah mulai ditinggalkan dan diganti dengan teknologi yang bagi kebanyakan orang mampu memudahkan pekerjaan kita. Begitu pula halnya pada proses procurement. Pada proses ini pula Anda kini telah dimudahkan dalam urusan pemesan produk barang atau jasa yang Anda inginkan cukup melalui aplikasi e-procurement. Yang mana dengan e-procurement  ini, keuntungan yang Anda dapatkan salah satunya yakni mampu meminimalisir pengeluaran biaya eksternal, mengurangi penggunaan kertas, pengerjaan ulang, dan terutama human error.

• Meningkatkan Produktivitas

Jika dulu dalam memilih produk pengadaan yang kita inginkan kita masih melakukannya secara manual, kini lewat e-procurement  semua proses telah diotomasi. Bagaimana caranya? Adanya e-catalogue  agaknya telah mampu membuat kita mudah dalam pemesanan produk yang kita inginkan. Semisal, saat kita ingin memesan produk meja, untuk mempersingkat pemrosesan maka Anda dapat menggunakan e-catalogue  yang hanya cukup dilakukan dengan mengisi form  pemesanan. Selain praktis, keuntungan e-procurement yang mampu meningkatkan produktivitas bisnis ini mampu mengurangi keterlibatan staf pengadaan dalam pemrosesan pesanan dan transaksi bernilai rendah untuk berkonsentrasi pada sumber strategis dan meningkatkan hubungan kerja sama dengan supplier  barang

• Terintegrasi Dalam Satu Sistem

Jika selama ini Anda mendapatkan semua data secara terpisah, mulai dari keuangan, transaksi pembelian, pemesanan barang, dll, masih belum terintegrasi dalam satu sistem, tentu hal itu cukup menyulitkan Anda dalam membuat laporan yang berkaitan dengan hal-hal tersebut. Keuntungan terakhir dari e-procurement  ini yakni semua proses terintegrasi dalam satu sistem yang dapat memudahkan Anda untuk mengambil keputusan. Selain itu juga, keberadaan e-procurement  ini mampu meningkatkan kepatuhan kita pada kontrak yang telah disepakati antara kedua belah pihak yang terlibat dalam suatu proses pengadaan barang maupun jasa

***

Transparansi dan keadilan kini telah menjadi suatu hal yang selalu diterapkan dalam semua transaksi bisnis utamanya pada procurement. Jika pengadaan dulu dilaksanakan dengan cara-cara manual, maka dengan aplikasi e-procurement  ini Anda cukup mengisi form  yang telah disediakan oleh sistem dan proses transaksi untuk mendapatkan produk barang atau jasa yang Anda inginkan secara otomatis akan berjalan dengan sendirinya yang sangat jauh berbeda jika dulu dalam praktik procurement  kita masih melakukannya secara manual dengan menggunakan pulpen dan kertas. Ditambah lagi keuntungan-keuntungannya seperti mampu menekan biaya, meningkatkan produktivitas, dan terintegrasi dalam satu sistem menjadikan e-procurement  sebagai salah satu aplikasi wajib dalam pengadaan barang dan jasa seperti yang diatur oleh pemerintah dalam Perpres No. 54 Thn. 2010 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Silakan klik disini untuk solusi e-procurement Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa kami bantu?